by

Diwacanakan Tgk. AK Yakobi, Pemateri Diskusi Sejarah Aceh di Banda Aceh

Banda Aceh | Lintas Gayo : Sejarawan Aceh, Tgk. AK Yakobi diwacanakan akan menjadi pemateri diskusi sejarah Aceh di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Kamis, 5 Mei 2011 pukul 09.00 Wib.Informasi ini diperoleh Lintas Gayo dari LK Ara melalui sambungan telepon, Rabu (4/5).

Dikatakan LK Ara, acara tersebut digagas oleh Pusat penelitian Ilmu Sosial dan Budaya  (PPISB) Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dengan menampilkan pembicara seorang saksi Sejarah Indonesia dan Peran Aceh pada masa revolusi AK Jakobi.

Dijelaskan LK Ara, acara tersebut juga diisi dengan pembacaan puisi  dan akan dimoderatori oleh Dr. Husaini Ibrahim.

“Kegiatan yang digagas bersama rektor Unsyiah ini akan mengangkat topik sejarah masa lalu dan menghadapi sejarah Aceh masa depan. Dan direncanakan Sutradara Muda Iqmal Gopi yang telah mengangkat film sejarah Radio Rimba Raya juga turut hadir pada diskusi, karena dia termasuk tokoh muda yang memahami sejarah agresi Belanda,” kata LK Ara.

Selain berbicara sejarah Revolusi, rencananya LK Ara akan membaca puisi berjudul ‘Wanita dari Lampadang’, ‘Tangse’ (sebuah puisi perempuan Tangse semasa perang melawan Belanda), dan ‘Penyebar Wangi’.

Acara Diskusi dan Baca Puisi sejarah terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Bagi peminat dapat menghubungi langsung panitia pelaksana di No Handphone 081367439694.(Jauhari Samalanga, atjehpost/ Windjanur)

Comments

comments