by

Bupati Serahkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Kala Nempan

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi serahkan bantuan terkait dengan Program Ketahanan Pangan Kabupaten Bener Meriah kali ini dilakukan untuk masyarakat Kampung Kala Nempan, Kecamatan Bandar di Kantor Reje Kampung setempat, Rabu, 15/7/2020.
Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi serahkan bantuan Program Ketahanan Pangan, untuk masyarakat Kampung Kala Nempan, Kecamatan Bandar, di Kantor Reje setempat, Rabu, 15/7/2020.

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi kembali menyerahkan bantuan terkait dengan Program Ketahanan Pangan Kabupaten Bener Meriah kali ini dilakukan untuk masyarakat Kampung Kala Nempan Kecamatan Bandar di Kantor Reje Kampung setempat, Rabu, 15/7/2020.

Bupati Tgk. H. Sarkawi dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan, ini merupakan kegiatan mengqadha kealpaan kami di Kampung Muyang Kute Mangku beberapa waktu yang lalu kerena ketidakhadiran kami kala itu.

Lebih lanjut Bupati Tgk. H. Sarkawi menjelaskan, ini merupakan salah satu program yang sangat strategis secara nasional untuk saat ini, terimakasih kepada Pak Camat beserta Reje Kampung atas kerja kerasnya dalam mengompakan seluruh warganya, tambahnya.

“Sebelum program ini ada beberapa program lainnya, khusus untuk Kampung Kala Nempan PKH (16), BPNT (44), BST (1), BLT ( 28), Bantuan Provinsi (3), BCP ( 2), Baitul Mal (3), ini bersipat instan,” ujar Bupati.

Sarkawi menegaskan, satu program ini sifatnya harus produktif, yaitu Program Ketahanan Pangan, karena bantuan yang lain sifatnya konsumtif, tapi yang ini dikasih pancingnya, dibeberapa tempat ada juga yang meminta ikannya.

“Saya bilang jangan semua dikasih ikannya, khusus yang ini kasih pancingnya karena sifatnya stimulus (dorongan),” imbuh Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Bupati juga mengatakan, “Beras padi tungketni imen, gadung kepile pegerni keben” biar kuat iman harus ada beras, kondisi – kondisi tertentu dimana ada gangguan ketahanan pangan ini harus ada makanan substitusi (pengganti) jika terjadi kondisi berat sudah ada alternatif yang lain.

Sambung Bupati, dalam situasi dan kondisi saat ini kita harus lebih aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat, kita harus melakukan pola hidup yang lebih hemat, kebutuhan-kebutuhan yang kira – kira tida mendesak diabaikan dahulu, karena menurut prakiraan dibulan 8, 9 dan sepuluh mungkin sedikit agak sulit, terang Tgk. H. Sarkawi.

Program yang kita lakukan terkait dengan Ketahanan Pangan ini merupakan pintu gerbangnya saja, jadi peran dari para Penyuluh sangat diharapkan, karena pasar sudah terbuka secara global, dan direncanakan di Bandara Rembele juga akan di buka Karantina di Bandara Rembele.

Sementara Camat Bandar Rais Abidin, SH melaporkan, untuk panyaluran BLT sudah 98%, untuk penyaluran tahap I, II dan III,

“Kami juga mohon maaf sebelumnya, karena program Ketahanan Pangan ini agak sedikit terlambat karena terlebih dahulu menunggu juknis yang baru, dan dilanjutkan dengan tahap sosialisasi,” jelas Rais Abidin.

Sementata itu, Reje Kampung Kala Nempan Sabri melaporkan terkait dengan batasan-batasan kampung, jumlah warga yang menerima masing-masing bantuan dan lainnya.

Ikut dalam penyerahan bantuan ketahanan pangan tersebut, Wakil Ketua I DPRK Tgk. Husnul Ilmi, S.Sy, kadis DPMK drh. Sofiyan, Kadis Pertanian dan Pangan Ir. Abadi, Kabag Humas dan Protkol Wahidi, S.Pd. MM, Babinsa, Babinkamtibmas, Imam dan Mukim, para penyuluh, PLD , tokoh masyarakat serta warga setempat. (PR/AR)

Comments

comments

News