by

Selain “Prank” Apa Prestasi Bupati Anda?

Catatan: Sadra Munawar*

Judul diatas adalah pertanyaan pada diskusi alot dengan salah seorang sahabat. Beliau menyampaikan prestasi Bupati di daerahnya. Aku sangat terkesan dengan penyampaiannya mengenai prestasi yang terukur, sistematis dan menyentuh masyarakat. Pelajaran dan narasi yang ku dapatkan darinya, persis seperti diskusi pada semester awal duduk di bangku perkuliahan, ada sentuhan-sentuhan segar, narasi sehat dan metode yang sedap dari setiap kata yang beliau sampaikan.

Beliau menjelaskan panjang kali lebar soal prestasi yang dimaksud, meski dirinya juga orang yang selalu melakukan “pengawalan” atas kinerja-kinerja Bupatinya, namun ketika Bupati menjawab dengan prestasi dia berikan apresiasi.

Berdasar pada penjelasan nya, pengawalan yang Beliau lakukan, hampir serupa dengan yang kawan-kawan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Pemuda di daerahku, ada sedikit sekali perbedaan yakni pemerintah dan jajarannya di daerah mereka sangat apresiatif kepada pihak-pihak yang melakukan pengawalan atas kinerja mereka.

Hal tersebutlah yang mempengaruhi, Kerja Bupati tepat sasaran yakni menerjemahkan Visi dan Misi saat dia maju menjadi calon kepala dan wakil kepala daerah, meski belum sampai tahun terakhir dia menjabat sebagai orang nomor satu di daerah itu namun hasil buah tangannya sudah terlihat.

Aku tidak mau kalah dengan beliau, sesekali ku sampaikan rasa optimis yang ku punya bahwa akan ada kinerja baik yang dilakukan oleh orang yang sedang menjabat di daerah ku, meskipun jika dilihat dari yang kerjaan yang dilakukan saat ini “belum” ada yang menterjemahkan dan merealisasikan janji – janji kampanye mereka.

Saking fokusnya mendengarkan uraian beliau dilandasi data-data kerja bupatinya, Aku luput menyeruput kopi Gayo yang sudah ada di hadapan kami, sedangkan waktu sudah larut malam.

Sebelum pulang ke rumah masing-masing dia menyampaikan bahwa dirinya juga sering mengikuti perkembangan daerah ku, dan dia berkata ”Selain “Prank” Apa Prestasi Bupati anda?”, kemudian dia pamit sebelum Aku jawab.
Karena jika pun Aku dimintai menjawab berdasar pada terjemahan Visi dan Misi Bupati daerah ku, mungkin aku juga gelap dan kesulitan menjawabnya.

* Mahasiswa Universitas Malikul Saleh Lhokseumawe asal Samar Kilang

Comments

comments

News