by

Perkebunan Teh Akan Mewarnai Kawasan Wisata Pegunungan di Puncak Danau Lut Kucak

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi didampingi Kadis Pariwisata Irmansyah dan Kadis Pertanian Ir. Nurisman, tinjau pengerjaan fisik kawasan wisata Lut Kucak, di Kampung Waq Pondok Sayur, Kecamatan Bukit. Selasa 15/12/2020.

Menurut Tgk. H. Sarkawi, saat meninjau kawasan Lut Kucak ini, mengatakan bahwa danau ini adalah salah satu diantara sekian banyak lokasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bener Meriah yang saat ini sedang dilakukan pembenahan.

Semua ini bertujuan dan gunanya untuk menarik kunjungan wisata,  baik itu wisata lokal maupun wisata dari mancanegara. Kata Sarkawi.

Kemudian, saat sesudah berada dilokasi, langsung melihat-lihat sejumlah pengerjaan proyek, selain melihat sejumlah pengerjaan proyek, Bupati juga tampak berbincang-bincang dengan Kadis Pariwisata dan Pertanian serta pihak rekanan guna memastikan kesiapan proyek tersebut.

Disamping itu Bupati Tgk. H. Sarkawi tampak mengarahkan pandangannya kesalah satu tebing, terlihat tampak tumbuhan berdiri kokoh dengan hijaunnya dedaunan yang tumbuh rimbun menghiasi pucuk-pucuk pohan yang berdiameter satu meter setengah ketinggiannya.

Maka dari itu sosok Abuya menuju kepohon yang sebelumnya yang Ia lihat, dan menghampirinya kemudian memetik pucuk daun yang berwarna hijau muda.

“Inilah teh Redelong yang kita miliki,  yang mana dulunya dan seingatnya, teh ini dikonsumsi oleh Ratu Belanda Wilhelmina,” terang Sarkawi.

Selanjutnya kembali kepada sejarah cerita Bupati, dahulu Bener Meriah ini dulu dikenal sebagai ladang daripada tumbuhan ini (Teh), memang ditempat kita ini dulu pusat pengolahan teh dijaman penjajahan Belanda yang disukai oleh Ratu Wilhelmina. Kata Sarkawi.

“Kita tidak asal bicara dan buktinya ada, kalau sekarang teh ini masih kita temukan di daerah Pondok Keramat, Beranun Teleden dan Pondok Baru, Puja Mulia serta Pondok Gajah serta Pondok Sayur sendiri,” jelasnya.

Nah, untuk kawasan wisata ini akan kita Reboisasi dengan perkembunan teh, sama halnya dengan puncak bogor dan Teh yang ada di Pematang Siantar Medan.

Ini akan kita lestarikan kembali di kawasan Lut Kucak nantinya, dan akan dikembangkan sebagai unggulan baru di dataran tinggi Tanoh Gayo ini dengan perkebunan “Teh Redelong” yang kualitasnya sangat bagus.

Dalam hal peninjauan ini Bupati didampingi, Kepala Dinas Pariwisata Irmansyah, S.STP, M.Sp, Kepala Dinas Pertanian Ir. Nurisman, Kabag Humas dan Protokoler Hasyimi,SKM,M.Kesdan pihak rekanan selaku pengerja proyek. (Putra Mandala)

Comments

comments

News