by

Kemenag Bener Meriah Sosialisasikan Informasi Keberangkatan Haji Tahun 2022

Redelong|Lintasgayo.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah gelar pertemuan dengan Jemaah Calon Haji Tahun 2022 di Masjid Babussalam, Simpang Tiga. Ahad (24/4/2022).

Banner

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs H Hamdan MA menyampaikan terkait keberangkatan Jemaah Haji tahun 1443 H/2022 M.

“Karena covid-19, sebelumnya pemerintah Arab Saudi menutup jemaah haji dari seluruh dunia kecewali warga negara disana dan yang bermukim atau bertugas disana,” ujarnya Hamdan.

“Pada tahun 2020 dan 2021 kita Kementerian Agama dengan sejumlah Instansi terkait terus menyiapkan persiapan dokumen, paspor, dan kesehatan jemah haji. Tetapi haji dibatalkan oleh Pemerintah Arab Saudi pada tahun tersebut,” ungkap Hamdan.

Hamdan mengutarakan, bahwa pada tahun 2022 Pemerintah Arab Saudi membuka kuota jemaah haji hanya untuk 1 juta orang secara internasional, dan Arab Saudi menetapkan jemaah haji berangkat maksimal usia 65 tahun.

“Untuk kuota Indonesia yang sebelumnya 221 ribu menjadi 100.051
Jemaah. Ada pemotongan 50 persen untuk tahun ini,” ujar mantan Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh ini.

Sementara itu, Hamdan menyebutkan bahwa untuk Kabupaten Bener Meriah jemaah haji berangkat tahun ini berjumlah 54 dan 13 cadangan, dengan Kuota Provinsi Aceh sebesar 1.988 dan cadangan 400.

Hamdan juga mengutarakan bahwa keputusan Pemerintah Arab Saudi yang telah membatasi usia jemaah haji berangkat tahun 2022 dengan usia maksimal 65 tahun bukan keinginan dan usulan Pemerintah Republik Indonesia.

“Arab Saudi membatasi usia karena mempertimbangkan secara fisik dan kesehatan jemaah haji,” pungkas Hamdan.

Hamdan berharap, semoga tahun depan Pemerintah Arab Saudi dapat menormalisasi kuota Jemaah Haji kembali seperti biasa.

( Fz/Santon )

Comments

comments