by

Dandim dan Forkompimda Bener Meriah Launching Kampung Benteng Pancasila

Redelong | Lintasgayo.com – Komandan Kodim 0119/BM Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto bersama Forkopimda Bener Meriah Melaunching Kampung Pancasila Desa Puja Mulia Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Kamis, (21/07/2022).

Banner

Launching Kampung Benteng Pancasila ditandai dengan pemukulan gong dan Penandatanganan Prasasti oleh Komandan Kodim serta pemotongan pita oleh PLT Sekda Armansyah S.E, M.S.I,.

PLT Sekda Armansyah S.E, M.S.I saat membacakan Sambutan PJ Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kodam Iskandar Muda melalui Kodim 0119/BM atas pembentukan kampung tangguh Pancasila di Desa Puja Mulia.

Hal tersebut mengingat masih banyak pihak yang ingin memecah belah NKRI, untuk itu kita harus bangun kewaspadaan dan antisipasi dari ancaman tersebut, baik yang datang dari luar maupun dari dalam.

Keberadaan Kampung Pancasila ucap Armansyah sangat bernilai strategis dalam memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga dalam  kehidupan masyarakat.

Pemerintah Daerah dan masyarakat  menyambut baik dan siap mendukung keberadaan Kampung Benteng Pancasila yang di canangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat melalui Kodam IM dan Kodim 0119/BM melalui gotong royong bersama.

Dengan pengukuhan kampung benteng Pancasila ini, diharapkan dapat memaknai arti Pancasila dalam bingkai Kebhinneka Tunggal Ika, kepada desa-desa yang lain supaya segera menyusul untuk di canangkan, sebagai kampung Benteng Pancasila. Pintanya

Komandan Kodim 0119/BM dilokasi saat diwawancari mengatakan, Kampung Benteng Pancasila ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta upaya menangkal ideologi selain Pancasila.

“Kita berharap dengan pengukuhan kampung benteng Pancasila ini, nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan dan menangkal ancaman yang dapat memecah belah  persatuan dan persaudaraan,” kata Dandim.

Desa Puja Mulia sebagai Pilot Project Kampung Benteng Pancasila menjadi contoh bagi kampung-kampung lain yang ada di Bener Meriah, sehingga nantinya tidak menutup kemungkinan kampung yang lain juga akan mengikuti jejak Kampung Benteng Pancasila.

Dandim mengingatkan Jangan anggap kegiatan ini hanya bersifat cerymonial. “Bendera merah putih di mana-mana tapi jiwa dan semangat kita tidak, untuk itu mari kita bangkitkan semangat Merah Putih dengan memaknai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan,” tegas Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Bener Meriah, Anggota DPRK BM, Staf Ahli Bupati, Kadis Duk Capil, Kadis Kesbangpol, Camat Bandar, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa, Ormas Pemuda Pancasila dan masyarakat setempat. (Fazri)

 

Comments

comments