by

Ini Dia Penulis Termuda Aceh, Berdarah Asli Gayo

Sejak Juni 2011 lalu, sebuah buku novel karya putri Gayo yang berdomisili di Banda Aceh bersama Ama Inenya beredar luas di Indonesia.

Namanya penulisnya Nabila Ulamy Alya’ dan biasa dipanggil dengan Nabila, Amy atau Alya’ dan saat ini tercatat sebagai penulis termuda Aceh dan penulis cilik pertama dari Aceh yang bukunya diterbitkan oleh Dar!Mizan Bandung.

Buku The Happy Party merupakan naskah novel pertama karya Nabila yang diterbitkan oleh penertbit tersebut. Dan buku berikutnya akan segera menyusul berjudul I Can Fly akan diterbitkan Dar!Mizan pada semester pertama tahun 2012.

Tak tanggung-tanggung, karya putri pasangan Ali Abubakar (Dosen IAIN Ar-Raniry Banda Aceh) dan Ihda Mulyani (Badan Penanggulangan Bencana Aceh) ini berupa tiga novel lain sedang dievaluasi oleh Dar!Mizan.

Dan hebatnya, semua novel karya santri Kelas 1 Pesantren Tgk. Chik Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar tersebut ditulis ketika masih duduk di kelas lima dan enam Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Ishlah Banda Aceh.

Dua novel lain yang di tulis putri kelahiran Takengon, 10 November 1999 ini diselesaikan pada Ramadhan tahun 1432 H ini sedang dievaluasi oleh Lingkar Pena Publishing House (LPPH) Jakarta.

Agar karya-karyanya terus lebih baik dari sebelumnya, ia terdaftar sebagai anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Aceh sejak tahun 2010 dan menjadi anggota termuda dan Insya Allah, setelah Idul Fitri, buku The Happy Party akan diluncurkan oleh FLP Aceh.

Sekarang ini ia tinggal bersama orang tuanya di Komplek Perumahan Mahkamah Syar’iyyah No. 48, Jalan Rel Kereta Api Lama, Desa Lubuk Batee, Lambaro, Aceh Besar. Yang ingin lebih dekat dengan dia, bisa berkomunikasi lewat e-mail, tin_alya@yahoo.com atau lewat alamat tersebut. (Khalis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments