by

Meriah, Lomba Dayung dan Pacuan Kuda Lut Tawar

Tim dayung perahu tradisional saling beradeu kecepatan di Pante Menye Bintang. (Lintas Gayo | Muna Ardi)
Tim dayung perahu tradisional saling beradeu kecepatan di Pante Menye Bintang. (Lintas Gayo | Muna Ardi)

Takengon | Lintas Gayo – Lomba Dayung Perahu Tradisional dan pacuan kuda di danau Lut Tawar yang digelar Minggu 26 Mei 2013 di Pante Menye Bintang Kabupaten Aceh Tengah berlangsung meriah.

Kawasan pantai paling timur danau tersebut dipadati warga serta para pelancong menyaksikan atraksi budaya sekaligus olahraga yang digelar atas gagasan masyarakat setempat bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah.

“Event ini sangat ditunggu-tunggu warga. Dan tentu akan meningkatkan jumlah kunjungan ke daerah ini,” kata tokoh masyarakat setempat, Juanda. Dia berharap event tersebut dijadikan sebagai agenda tetap di kawasan tersebut.

Sementara menurut koordinator event tersebut, Khalisuddin, jumlah peserta lomba dayung perahu terdiri dari 45 tim untuk kategori dewasa dan 20 tim remaja. Masing-masing tim berjumlah 5 orang.

Untuk pacuan kuda, diikuti oleh 16 ekor kuda lokal yang dikategorikan sebagai kuda muda dengan umur dibawah 2 tahun.

Amatan Lintas Gayo sejak pagi hingga sore hari, warga tidak bergeming dari lokasi tersebut walau hujan deras terjadi saat perlombaan. Sejumlah fotografer lokal dan dari luar Aceh Tengah turut mengabadikan event tersebut. Selain itu juga ada awak media cetak dan televisi. (Supri Ariu)

Comments

comments