by

Pistol Pintar Penyelamat Nyawa Manusia

Smart gun, pistol penyelamat nyawa manusia
Smart gun, pistol penyelamat nyawa manusia

California | Lintas Gayo – Ilmuwan berhasil menciptakan senjata api yang bisa mencegah pembunuhan dengan cara menghindari penggunaan pistol sembarangan. Pistol pintar ini tak akan bisa menembakkan peluru jika digunakan oleh orang selain pemiliknya.

Perusahaan bernama Armatix berhasil menciptakan sistem pintar yang dapat menonaktifkan kegunaan senjata api secara tiba-tiba jika pistol tersebut disalahgunakan. Ya, seperti pistol milik James Bond agen 007. Pistol miliknya hanya bisa menembakkan peluru jika ia yang menggunakannya sendiri.

Pistol pintar yang dikembangkan dengan biaya sebesar USD1 juta dari Smart Tech Challenges Foundation ini terinspirasi dari kasus penembakkan di sekolah dasar Sandy Hook 2012 silam. Di mana pada kasus tersebut sebanyak 26 nyawa terbunuh.

Pistol pintar ini hanya bisa menembak jika sang empunya yang menggunakan. Kuncinya ada pada sensor yang terdapat pada pistol dan jam tangan pengguna. Pada jam tangan tersebut terdapat sensor yang membuat pistol tak terkunci dan dapat menembak. Jika seseorang yang tak menggunakan jam tangan tersebut mencoba menggunakan pistol, ia tak akan pernah mau memuntahkan peluru. Demikian seperti dilansir DailyMail, Selasa (4/2/2014).

Di bagian belakang pistol juga terdapat lampu sebagai tanda on atau off pistol tersebut. Jika lampu menyala dengan warna merah, itu artinya pistol tak bisa digunakan dan jadi tak berguna. Namun jika berwarna hijau, tandanya pistol terkoneksi dengan jam tangan dan bisa digunakan untuk menembak.

Dengan teknologi seperti itu, pistol ini diharapkan bisa mengurangi angka kematian akibat penyalahgunaan senjata api. Rencananya pistol tersebut akan diperjualbelikan. Namun belum dikethaui harga pasar dan kapan ketersediaan pistol pintar ini. (Okezone)

Comments

comments

News