by

Semakin Tidak Jelas!

Takengen|Lintas Gayo-  Persoalan pelantikan KIP Aceh Tengah yang dijanjikan gubernur semakin tidak jelas. Sementara Bupati Aceh Tengah yang mendapat peringatan keras dari gubernur melalui suratnya sampai tiga kali, tidak membuat bupati goyah. Bupati tetap bersikukuh akan melantik KIP di sana bila proses hukum PTUN sudah incraht (sudah memiliki hukum tetap).

Para Parpol yang mendukung gubernur untuk melantik KIP hingga berita ini diturunkan,Sabtu (8-2-2014) pagi menjelang siang,  belum diketahui aksinya. Informasi yang berhasil dihimpun LG, Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang mengutus Kesbangpol Provinsi Aceh, menghadap Mendagri, sedang menunggu surat jawaban dari Mendagri tentang pelantikan.

Kapan Mendagri akan mengirimkan surat balasan dukungan pelantikan, atau tidak memberikan jawaban, Lintas Gayo belum mendapatkan jawaban yang pasti. Sementara itu proses di PTUN Jakarta atas gugatan 15 anggota dewan ditambah 7 Parpol, sampai kini akan  memasuki tahap pembuktian, baru dilanjutkan dengan kesimpulan, sesudah itu baru divonis majlis hakim.

“Benar saat sekarang ini akan memasuki sidang pembuktian. Kita perkirakan minggu ketiga atau ahir Pebruari aka nada putusannya,” sebut Alwien Deri,SH, penasehat hukum penggugat PTUN, menjawab wartawan, via selulernya.

Sementara itu Wajadal Muna, ketua Komisi A DPRK Acehe Tengah tetap dengan prinsipnya, bupati harus melantik KIP, karena sudah sesuai dengan aturan. Bila diikuti sidang gugatan, prosesnya akan panjang. Bila gugatan yang diajukan 15 anggota dewan dan 7 parpol, katakanlah menang, tentunya akan ada pengajuan gugatan lagi.

Prosesnya akan panjang, mereka yang sudah ada SK dari KPU tentu akan mengajukan gugatan kenapa tidak dilantik. Tentunya prosesnya akan berlarut, kapan KIP Aceh Tengah dilantik? Bila tidak ada KIP, Aceh Tengah tidak akan ada pemilu. KIP Provinsi sudah mengirimkan surat resmi mereka tidak mampu mengurus seluruh persoalan KIP di dua kabupaten, sebut Muna.

Bagaimana dengan janji gubernur akan melantik KIP, menurut Muna, pihaknya sedang menunggu perkembangan dari gubernur. (Tim LG)

Comments

comments

News