by

Evaluasi Kemendagri : Kinerja Pemprov Aceh Terendah

Bogor | Lintas Gayo : Sejumlah Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota berhasil meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah (pemda) terbaik. Penetapan ini dihasilkan dari evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sepanjang tahun 2010 atas laporan kinerja Pemda seluruh Indonesia tahun 2009.

Pengumuman hasil evaluasi disampaikan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Djohan pada hari Senin, 25 April 2011, dalam acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XV tahun 2011 yang diselenggarakan di Balaikota Bogor, Jawa Barat.

Djohermansyah juga menjelaskan, ā€œEvaluasi ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No 6/2008 Tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Evaluasi dilakukan dengan memakai banyak indikator. Indikator-indikator itu antara lain, penyusunan APBD tepat waktu, laporan keuangan daerah wajar tanpa pengecualian, pelayanan publik, peningkatan daya saing, serta dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Dari 33 provinsi, 398 Kabupaten dan 93 kota, hampir seluruhnya terkategori tinggi. Selain itu, ada 4 provinsi yang mendapatkan nilai sedang dan berada di urutan terendah, yaitu Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua, dan Aceh.

Berikut adalah daftar pemerintah daerah yang memperoleh penghargaan dalam acara tersebut :

A.
Peringkat dan Status Kinerja 3 besar Penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Yang BerprestasiĀ  Paling Tinggi Secara Nasional :
1. Provinsi Sulawesi Utara
2. Provinsi Sulawesi Selatan
3. Provinsi Jawa Tengah
B.
Peringkat dan Status Kinerja 10 besar Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Yang Berprestasi Paling Tinggi Secara Nasional :
1. Kabupaten Jombang
2. Kabupaten Bojonegoro
3 Kabupaten Sragen
4. Kabupaten Pacitan
5. Kabupaten Boalemo
6. Kabupaten Enrekang
7. Kabupaten Buleleng
8. Kabupaten Luwu Utara
9. Kabupaten Karang Anyar
10. Kabupaten Kulonprogo
C.
Peringkat dan Status Kinerja 10 besar Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Yang Berprestasi Paling Tinggi Secara Nasional :
1. Surakarta
2. Semarang
3 Banjar
4. Yogyakarta
5. Cimahi
6. Sawahlunto
7. Probolinggo
8. Mojokerto
9. Sukabumi
10. Bogor

 

 

(Ramos/www.setkab.go.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments

  1. kalau nggak menang kali ini jangan berkecil hati kan masih bisa menang tahun depan…yang penting sudah berusaha untuk menjadi yang terbaik