by

Koramil 04 dan Polsek Pintu Rime Gayo Tinjau  Kebakaran Lahan Di Bur Gutul Alur Cincin

Redelong | Lintasgayo.com –  Kebakaran lahan yang terjadi pada Rabu Sore (14/10/2020) sekira pukul 16.45 WIB menyebabkan 4 (empat) hektar lahan pinus yang terletak di Bur Gutul, Kampung Alur Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo ludes di lalap si jago merah.

Koramil 04/Pintu Rime Gayo Kodim 0119/BM bersama Polsek serta Tim pemadam kebakaran dan masyarakat melakukan pemadaman api yang membakar hutan dan lahan di wilayah Bur Gutul desa Alur Cincin, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

Dalam hal ini Danramil 04/Pintu Rime Gayo Kapten Czi Aep Mukhran Halid menjelaskan bahwa benar telah terjadi kebakaran lahan pinus, hal ini diketahui setelah mendengar laporan dari warga bahwa ada kebakaran lahan.

“Maka dengan cepat Koramil dan Babinsa menuju kelokasi kebakaran Guna Memadamkan Api Secara manual (Tradisional) bersama masyarakat setempat serta berkordinasi dengan unsur terkait baik petugas pemadam kebakaran dan Polsek Pintu Rime Gayo,” kata Aep Mukhran.

Menurut Informasi yang diterima dari warga setempat, kebakaran terjadi akibat dari salah seorang warga sedang menebang pohon pinus yang tidak jauh dari lokasi. Jelas Kapten Aep Mukhran Kepada Lintasgayo.com Kamis 15/10/20.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, setelah dilakukan pemadaman secara manual ternyata api belum padam secara keseluruhan, angin yang bertiup kencang membuat Api kembali membesar dan merembes ke lahan lainnya seluas 4 hektar.

“Anggota sangat merasa kesulitan karena medan dan kondisi cuaca sudah mulai gelap menyulitkan petugas untuk memadamkan api secara keseluruhan pada saat terjadi kebakaran kemaren sore, Alhamdulillah untuk Saat ini api sudah padam secara keseluruhan,” terangnya.

“Kami memohon dan meminta Kepada Satuan Tugas (Satgas) Karhutla untuk proaktif melakukan sosialisasi dan penanggulangan bersama warga setempat. Agar jangan membakar hutan dan membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar,” tegasnya.

Untuk sementara terkait dengan  kejadian kebakaran lahan ini masih didalami dan sudah dalam penanganan di proses oleh pihak Kepolisian Polsek Pintu Rime Gayo. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News