Unders Lakukan Penelitian Kerajaan Linge

Takengon | Lintas Gayo – Universal Development and Research (Unders) akan melakukan penelitian tentang Kerajaan Linge yang kini sedang menjadi sorotan pascadinobatkannya Tengku Iklil Ilyas Leube sebagai pemangku kerajaan Linge ke XX.

“Diharapkan polemik tentang perbedaan pendapat menyangkut tirah kerejaan Linge tersebut dari penelitian yang akan dilakukan Unders dapat tercerahkan,” ujar Ketua Unders Wen Yusri Rahman dalam siaran persnya, Minggu (3/2/2013).

Dikatakannya, sebelum adanya penobatan Reje Linge ke XX di Buntul Linge, Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah pada Senin, 28 Januari 2013lalu, Unders dengan inisiatif sendiri dan demi pelurusan sejarah Linge yang secara lisan tidak dipungkiri sebagai kerajaan besar, telah mengirimkan proposal beberapa minggu yang lalu ke Direktur Sejarah dan Nilai Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia.

Dalam tempo yang tidak terlalu lama, Kemendikbud selanjutnya menerima proposal dan menganggarkan untuk biaya penelitian kerejaan Linge yang diketuai Prof Dr M Dien Madjid MA, guru besar sejarah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Unders yang didirikan beberapa tahun yang lalu mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud, meski anggaran disetujui tidak sebesar yang diharapkan, namun turut berbangga karena Dirjen Serajah dan Nilai Budaya menyatakan antusias untuk mengisi seminar yang akan dilaksanakan di Takengen apabila penelitian telah rampung.

Menurut Wen, penelitian ini beranggotakan lima orang, dua merupakan pakar sejarah dan tiga lainnya sebagai peneliti muda yang akan mengumpulkan serpihan sejarah kerajaan Linge yang tercecer.

“Unders juga berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dapat membantu pelaksanaan seminar yang mungkin bisa dilaksanakan pada bulan Mei 2013 mendatang sesuai harapan Dirjen Serajah dan Nilai Budaya,” tambah Wen.

Dengan disetujuinya penelitian oleh Kemendikbud, Unders berharap kepada seluruh pihak yang memiliki data dan bukti kerejaan Linge yang belum dibukukan atau tertulis diharap bisa menghubungi anggota peneliti melalui Ketua Unders melalui no kontak 0852 8286 0919.

“Selanjutnya nanti akan ditindaklanjuti oleh peneliti yang diketuai oleh seorang putra Gayo yang berdomisili di Jakarta,” jelas Wen.

Unders sangat berterimakasih kepada pihak-pihak yang membantu penelitian sejarah kerajaan Linge yang sangat dibanggakan orang Gayo khususnya. Sehingga Gayo bisa menjadi bangsa yang besar dan kuat.(SP/red.04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.