by

Hut Kriya Ke-16, Mahasiswa Aceh Tampilkan Likok Pulo

Hut Kriya ke 16Padang Panjang | Lintas Gayo-Pembantu Rektor I ISI Padangpanjang Drs. Zulhelman, M.Hum membuka secara resmi pameran seni Kriya dalam rangka Ulang Tahun Kriya yang ke-16 di lobi Gedung Nusantara Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Padang panjang, Selasa (26/11/2013)  kemarin.

Dalam acara ini, mahasiswa Aceh turut memeriahkan acara ini dengan tarian Likuk Pulo serta Fashion Show karya mahasiswa minat Kriya Tekstil.

Drs. Zulhelman, M.Hum mengatakan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, sejak awal berdirinya jurusan Kriya baru kali ini melaksanakan kegiatan memperingati ulang tahun kriya. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat dijadwalkan serta disusun kegiatannya dengan baik,” ungkapnya.

Zulhelman sebagai salah satu pendiri dan ketua jurusan pertama di Kriya, menambahkan, Jurusan Kriya didirikan pada tahun 1997, para pendirinya antara lain dosen-dosen yang berasal dari seni rupa murni diantaranya Drs. Zulhelman, M.Hum, Dr Adirozal, M.Si, Drs, Erizal, MM, Dr Akmal, M.Pd dan para pendiri lainnya. Tujuan berdirinya Seni Kriya adalah minangkatkan pendidikan dan apresiasi di bidang seni Kriya yang pada masa itu di Sumatera belum ada.

Sementara itu Drs. Erizal, MM Dekan FSRD juga mantan Ketua Jurusan Kriya memaparkan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antar sesama dalam lingkungan kampus maupun dengan lembaga lainnya. Selain itu juga kegiatan ini bagian dari kreativitas kita bersama dalam berkarya, melalui kegiatan inilah kita promosikan jurusan Kriya ini kepada masyarakat umum. Selama enam belas tahun ini jurusan Kriya telah melahirkan seniman-seniman yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudian Dra. Mega Kencana, M.Sn Ketua Jurusan Kriya menjelaskan “Kegiatan dapat dilaksankan berkat kerjasama kita semua baik dosen, mahasiswa, alumni maupun pihak fakultas serta lembaga. Ini merupakan kegiatan pertama kali memperingati HUT Kriya. Kedepannya kegiatan ini akan terus kita jalankan dengan berbagai kegiatan yang dapat menunjang peningkatan kreativitas dan proses pendidikan di Kriya,” jelasnya.

Rahmad Washinton, S.Sn.,M.Sn Ketua Pelaksana dalam kegiatan tersebut mengungkapkan adapun kegiatan sampai 30 November nanti adalah pameran karya mahasiswa, dosen, dan alumni, lomba desain cendramata dan sketsa, seminar nasional dan pembentukan pengurus ikatan alumni Kriya.

Lanjutnya, seminar nasional dan temu alumni akan dilaksanakan pada Sabtu, 30/11/2013 di ruang Fakultas Seni Rupa dan Desain. Narasumber seminar Kriya diantarnya Dr. Wahyu Triatmojo, M.Hum (Dosen Universitas Negeri Medan), Dr. Akhmal, M.Pd (Dosen Jurusan Kriya), dan Rustam Effendi, S.Sn.,M.Sn (Alumni Jurusan Seni Kriya). Selanjutnya dalam temu alumni kegiatan yang diadakan adalah silturahmi seluruh alumni kriya. Kemudian akan dibentuk pengurus Ikatan Alumni Kriya ISI Padangpanjang. (Iwan_Rantow/RF)

Comments

comments

News