by

4 Warga Takengen Ditangkap Di Galus Karena Ganja

Blangkejeren | Lintas Gayo – Empat warga Takengen (Aceh Tengah) berhasil diamankan oleh tim dari Intel Kodim 0113 Gayo Lues. Keempat tersangka mencoba menyeludupkan 30 bal ganja kering ke Takengen dengan mengendarai sepeda motor di jalan Blangkejeren-Takengen, tepatnya di daerah Rikit Gaib, Kamis dini hari (01/10/2015).

Keempat tersangka yang diamankan, yakni RHM ,44, pekerjaan tani, alamat Desa Kenawat, NMS 40, warga Dusun Toweren, keduanya dari Kecamatan Lut Tawar. ILHM ,32 warga Dusun Lelabu, dan SMD, juga warga Dusun Lelabu, Kecamatan Kebayakan, sementara seorang lagi berinisial LSM, berhasil kabur.
Dandim 0113/ Gayo Lues Letkol. Inf. Richad Harison, SIP, menjelaskan, kronologis penangkapan bermula dari adanya laporan warga, akan adanya penyeludupan ganja dari Gayo Lues ke daerah Takengen dengan menggunakan kendaraan roda empat.

“Mendapat laporan tersebut anggota dipimpin Kasdim Mayor Inf. Hary Novana serta Dansub unit 1 Intel Kodim Pelda Julianto mengendarai mobil xenia melakukan pengejaran dan memantau lokasi yang dicurigai,” jelas Dandim.

Lanjutnya, namun tim tidak menemukan tersangka. Selanjutnya pukul 01:00 WIB tim meluncur ke arah Rikit Gaib untuk melakukan pemantauan lebih lanjut. “Setelah beberapa kali melakukan sweeping terhadap mobil pribadi yang melintas target belum juga ditemukan,” kata dia.

Pengejaran tidak berhenti sampai disitu. Tim yang dipimpin Mayor Inf. Hari Novana, kembali bergerak ke arah Desa Pinang Rugup. Tidak lama kemudian melintas 1 unit sepmor merk CBR ditunggangi RHM dan NMS. Mencoba mengelabui petugas dengan membawa dua buah tas kosong, “saat diperiksa keduanya mengaku akan ke Takengen,” imbuhnya.

Masih kata dia, tiba-tiba tersangka mengundurkan niatnya melanjutkan perjalanan, beralasan malam sudah larut dan jarak tempuh yang jauh. Mencium gelagat mencurigakan, Kasdim memerintahkan anggotanya mengamankan kedua tersangka.

Tidak lama berselang, dari arah Blangkejeren melintas dua unit kendaraan roda dua, yakni merk shogun exselo dikendarai ILHM, dan supra x 125 yang ditumpangi SLM berboncengan dengan SDM, saat dihentikan keduanya tancap gas.

Tidak tinggal diam, tim melepaskan tembakan peringatan. Mendengar suara tembakan, nyali ketiganya menciut dan mendadak menghentikan sepeda motornya. Bukan untuk menyerahkan diri, ketiga TSK malah mencoba melarikan diri. Saat dilakukan pengejaran LSM berhasil kabur dengan memceburkan diri ke sungai setempat, ditengah kegelapan malam.

Namun, aksi heroik sempat terjadi, pengendara honda CBR yang ikut melarikan diri diamankan petugas, perkelahian tak terhindarkan, meski mencoba mencabut senjata tajam, sejurus kemudian tim berhasil melumpuhkannya.

“Kemudian keempat tersangka yang berhasil diamankan dibawa ke kantor koramil Blangkejeren,” terang Letkol Inf. Richad Harison. Esoknya, keempat tersangka diserahkan ke Satnarkoba Polres Gayo Lues, guna melakukan proses lebih lanjut.

“Keempat tersangka, mengaku nekad menyeludupkan barang haram itu, karena himpitan ekonomi,” ujar Dandim. (Bayu/ Insetgalus)

Comments

comments

News