by

Kodim 0119/BM Gelar Pembinaan Tentang RT/RW Untuk Pertahanan Darat dan Wilayah

 

Redelong | Lintasgayo.com – Satuan Komando Distrik Militer 0119/BM menggelar acara dan bahas masalah tata ruang wilayah Pertahanan Darat, di Aula Makodim, Desa Wonosobo, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah. Kamis 03/12/2020

Pelaksanaan kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dandim 0119/BM Letkol Inf Valyan Tatyunis yang di ikuti oleh Kasdim, para Danramil, Perwira Staf, dan Babinsa Jajarannya sebanyak 80 0rang.

Dandim Letkol Inf Valyan Tatyunis, menyampaikan bahwa dengan mengembangkan UU RI Nomor 34 tentang TNI, salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu Pemerintah, menyiapkan potensi menjadi kekuatan dalam pertahanan Nasional

Maka untuk itu, kita melaksanakan pembinaan rencana tata ruang wilayah tentang pertahanan darat  Kodim 0119/BM, didalam hal ini harus ada keterpaduan dengan dua Pemerintah Daerah tersebut.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini untuk membangun secara fisik berupa infrstruktur maupun fasilitas lainnya, dengan mengenal dengan baik karakteristik wilayah di semua bidang ( bidang geografi, demografi dan kondisi sosial).

Dalam menyiapkan rencana Tata Ruang Pertahanan Darat (TRPD) yang baik harus ada keterpaduan antar kepentingan pemerintah daerah dan kepentingan pertahanan.

“Sehingga tercipta suatu wilayah yang dapat menjadi daerah pangkal perlawanan dalam mewujudkan kepentingan pertahanan negara yaitu Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta),” Terang Valyan.

Kemudian dengan diadakannya kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat, Satuan Kodim diharapkan mencapai sasaran diantaranya, terdatanya wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis, terdatanya kondisi wilayah (geografi, demografi, kondisi sosial, SDA dan SDB yang faktual.

Serta persepsi ancaman dan peluang dalam menyiapkan RT/RW dan dapat kesamaan data, atas dasar kesamaan visi dan persepsi serta sinergitas RT/RW Kodim 0119/BM dengan konsep RTRW Kabupaten Bener Meriah, dalam membuat konsep pertahanan wilayah.

Pada kesempatan ini juga kita mengundang, Kasi pengembangan wilayah dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bener Meriah, Mulyadi. ST sebagai pemateri sesuai bidang dan tupoksinya. Sebut Dandim.

Dandim juga berharap, semoga Kasi pengembangan dan pembangunan wilayah dapat meyampaikan materi yang berhubungan dengan rencana tata ruang untuk wilayah kodim 0119/BM dan kepada seluruh peserta.

Dikesempatan ini juga, kepada semua peserta agar betul betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan apa yang disampaikan pemateri dapat di terima dengan baik.Tutupnya. (Putra Mandala)

Comments

comments

News