by

Festival Budaya Gayo, Meriahkan Hari Jadi Takengen ke 434

Takengen-Info Lintas Gayo : Serangkaian kegiatan budaya Gayo kembali di gelar Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah di awal tahun 2011 ini. Kali ini dikemas dalam memeriah Hari jadi Kute Takengen yang 434.

Salah satu dari agenda kegiatan berdasarkan selebaran yang diterima Info Lintas Gayo (ILG), Rabu (9/2) festival yang dimulai pada 19 hingga 27 Februari  2011 tersebut di adakan Gedung Olah Seni (GOS) Takengen dengan item kegiatan diantaranya Gayo World Festival  yang merupakan festival band tradisional Gayo perpaduan music modern dan tradisi. Penyelenggara telah menyiapkan Rp.4.5 juta untuk para juaranya.

Persyaratan untuk ikut serta diantaranya peserta  membawakan 2 Judul lagu. Satu judul Lagu Wajib berupa Lagu Gayo atau Lagu Didong yang sudah dikasetkan dan populer dengan arasemen sendiri. Sementara  1 judul lagi berupa lagu Bebas berbahasa Gayo ataupun ciptaan sendiri.

Persyaratan lainnya, peserta harus menggabungkan musik tradisi dan musik modern dan jumlah peserta dalam 1 group maksimal 10 orang.

Even lain nya serangkaian dengan festival tersebut berupa Audisi Gita Bahana Nusantara. Even ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi untuk peserta aubade peringatan HUT RI di Istana Negara.

Adapun persyaratan yang harus diikuti peserta Audisi Gita Bahana Nusantara ini antara lain, berstatus  pelajar atau mahasiswa, berusia minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun. Selanjutnya untuk lagu, diwajibkan membawakan 1 judul lagu yang ditentukan panitia yang berjudul Bangun Pemuda Pemudi, Nun Dia Dimana, Pantang Mundur, Gugur Bunga, Indonesia Raya, Irama Desa, Melati Suci dan lagu Mengheningkan Cipta.

Pihak penyelenggara juga menggratiskan biaya pendaftaran untuk peserta dan informasi yang kurang jelas dapat ditanyakan langsung ke Kantor Disbudparpora Aceh tengah di Jalan Lemah Bur Bana Nomor 359 Takengen. (aza)

Comments

comments

News