by

2015 KPK Bangun Kantor di Sumatera

Jakarta | Lintas Gayo – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membuka kantor cabang di Sumatra pada 2015 mendatang. Rencana membikin kantor cabang itu telah masuk agenda KPK tahun depan. “Kami masih studi, tepatnya di provinsi mana,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Jakarta, Ahad, 14 Desember 2014. (Baca: Wajah Koruptor Dipajang di Museum Nasional)

Ia menjelaskan alasan pembukaan kantor cabang di Sumatra itu bukan karena tempat itu merupakan ladang korupsi yang subur bagi para kepala daerah. “Kami akan berfokus pada pencegahan tindak pidana korupsi dan edukasi antikorupsi,” ujarnya. (Baca: Diduga Berekening Gendut,Berapa Gaji Alex Noerdin?)

Sumatra, ia menambahkan, menjadi ladang penyelewengan di bidang sumber daya alam seperti alih fungsi hutan dan lahan. “Kami putuskan perlu membuka cabang khusus di salah satu provinsi di Sumatra.” (Baca: Alex Noerdin Jelaskan Duitnya yang Mencurigakan)

Kantor cabang ini, kata Bambang, akan menjadi kantor uji coba. Bila berhasil, dalam 10 tahun ke depan, KPK menargetkan memiliki lima kantor cabang di seluruh Indonesia. (Baca: Ditanya Rekening Gendut, Alex Noerdin Ngakak)

Ia yakin banyak potensi kaum muda di daerah yang mau diajak memberantas korupsi. “Kami yakin banyak agent of changes-nya di Sumatra. Kita perlu semangat baru memberantas korupsi,” katanya. (Tempo.co)

Comments

comments

News