by

Aksi Bersihkan Sampah Di Sepanjang Sungai Peusangan

Takengen | Lintas Gayo – Aksi membersihkan sampah oleh Aktifis Forum Peduli Lingkungan dan Kelestarian Danau Lut Tawar di sepanjang sungai peusangan dari Kampung Bale Bawah hingga Kampung Asir – Asir Asia dan juga kampung Boom Takengon Timur. Aksi tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu 19 April 2015 mulai Pukul 08:30 sampai 12:00.Aksi tersebut juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Bumi pada Tanggal 22 April 2015 mendatang.

Semakin parahnya pencemaran sampah yang berasal dari kanal – kanal air yang bermuara di Danau Lut Tawar dan di sepanjang Daerah Aliran Sungai Peusangan menjadi alasan utama kegiatan Aksi tersebut. Kondisi pencemaran sampah yang sangat parah dan sudah mengalami penumpukan memberi dampak terhadap Daerah Aliran Sungai Peusangan yang semakin dangkal dan menyempit. Hal ini diperparah lagi dengan minim nya sarana prasarana tempat menampung sampah disekitar tempat tinggal masyarakat yang berada di sekitar kanal – kanal air yang bermuara di Danau Lut Tawar serta masyarakat yang bermukim di pinggiran Sungai Peusangan oleh Dinas terkait. Pada musim hujan dampak dari menyempitnya Daerah Aliran Sungai Peusangan, mengakibatkan terendamnya tanaman palawija, sawah dan sebagian rumah warga yang berada di pinggiran Danau Lut Tawar.

Target dari kegiatan tersebut adalah menyadarkan masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke Sungai yang akan menjadi Sumber Tenaga Listrik untuk masyarakat Aceh Tengah dan Sekitarnya. Dampak dari membuang sampah sembarangan ke dalam sungai peusangan akan menimbulkan kerusakan yang parahterhadap ekosistem alam disekitar Danau Lut Tawar terutama di sepanjang aliran sungai peusangan dan kehidupan masyarakat sekitar aliran sungai yang masih menggantungkan hidup nya untuk mencuci, mandi dan aktifitas lainnya.

Ihsan Urka selaku Penanggung jawab aksi kegiatan tersebut mengatakan akan melibat peran serta masyarakat sekitar aliran sungai peusangan, aparatur Pemerintah Desa setempat, Dinas Kebersihan, TNI, Polri dan pihak – pihak yang peduli terhadap kelestarian lingkungan dan kelestarian ekosistem alam Danau Lut Tawar khususnya pada aliran Sungai Peusangan.(Ril)

Comments

comments

News